Manfaat Bermain

Bermain memiliki banyak manfaat, mulai dari manfaat untuk perkembangan fisik, kognitif, sampai perkembangan emosi dan sosial. Perkembangan fisik misalnya, anak menjadi lebih sehat dan kuat dengan bergerak. Selain itu, koordinasi dan control tubuh anak lebih baik. Pada gawai hanya jempol yang bermain. Manfaat pada perkembangan fisik lainnya adalah sensori-motor anak juga menjadi lebih matang.

Sementara, perkembangan kognitif anak juga berkembang saat bermain. Misalnya, anak mampu mengasah kemampuan bahasa dengan banyak bertanya. Kemampuan logika dan analisis pun berkembang, serta mengasah pengetahuan umum anak.

Sedangkan perkembangan emosi dan sosial anak yang berkembang saat bermain, misalnya meningkatkan rasa aman dan percaya diri, mengasah kemampuan regulasi emosi dan mengasah empati. Selain itu juga mengasah resiliensi atau kemampuan anak ketika ada masalah tidak mudah murung. Juga mengasah kemampuan bekerja sama, bersosialisasi dan mengasah kemampuan mengatasi konflik.

Bermain akan membantu meringankan masalah-masalah emosi sosial pada anak misalnya cemas, tidak percaya diri, sulit diatur, sulit diajak bekerja sama, membangkang, dan sulit mengontrol emosi.


Republika 15 Mei 2016

Related Posts
Previous
« Prev Post