Tapis Lampung Hiasan Dinding

Tapis Lampung Motif Kaligrafi Ayat Kursi Bordir

Tapis Lampung motif kaligrafi ayat kursi bordir. Didesain untuk hiasan dinding. Motif dibuat dengan metode bordir. Pemesanan: 085741887228. Ukuran kain tapis Lampung: panjang 100 cm dan lebar 60 cm. 

Tapis Lampung hiasan dinding motif kaligrafi ayat kursi bordir adalah salah satu produk tapis kaligrafi yang banyak diminati masyarakat, baik nasional maupun secara khusus  Lampung. Selain harganya yang murah, keindahan tapis kaligrafi ayat kursi bordir juga tidak kalah dengan model tapis kaligrafi ayat kursi sulam.

Tapis kaligrafi ayat kursi bordir dibuat dengan tujuan agar masyarakat dapat memperoleh tapis kaligrafi dengan harga yang lebih terjangkau. Berbeda dengan tapis kaligrafi sulam yang harganya dikisaran lima ratus ribu hingga jutaan, tapis kaligrafi bordir justru harganya bisa berkali-kali lipat dibawah tapis kaligrafi sulam.

Kain tenun yang digunakan sebagai kain dasar tapis kaligrafi bordir tidaklah berbeda dengan tapis kaligrafi sulam. Kain tenun sama-sama dibuat dengan metode penenunan tradisional. Perbedaan ada pada bahan benang yang digunakan dalam membuat motif kaligrafi dan metode pembuatan motifnya.
Pada tapis kaligrafi bordir, motif kaligrafi dibuat dengan menggunakan benang bordir yang bentuknya  mirip dengan benang jahit. Proses pembuatannya juga menggunakan mesin bordir. 

Sedangkan tapis kaligrafi sulam, motifnya dibuat dengan menggunakan benang logam yang berwarna keemasan. Benang emas yang digunakan adalah jenis benang emas pelintir. Proses pembuatannya dengan menggunakan metode sulam tangan.

Proses pembuatan tapis kaligrafi bordir juga jauh lebih singkat daripada proses pembuatan tapis kaligrafi sulam. Untuk ukuran panjang 100 cm dan lebar 60 cm, pembuatan tapis kaligrafi bordir memerlukan waktu setidaknya 4 hingga 7 hari. Sedangkan pembuatan tapis kaligrafi sulam biasanya membutuhkan waktu lebih dari satu bulan.

Tekstur pada tapis kaligrafi bordir juga lebih tipis dan ringan, sedangkan tekstur pada tapis kaligrafi sulam cukup tebal dan berat. Namun demikian, baik tapis kaligrafi bordir maupun sulam, keduanya sama-sama dikerjakan dengan teliti dan detail, sehingga menghasilkan produk hiasan kaligrafi yang rapi dan indah.

Meskipun harganya lebih terjangkau, kualitas kain, bordir, dan desain pada tapis kaligrafi bordir tetap terjaga. Dengan perawatan yang baik, kain dan motif kaligrafi akan selalu awet, tahan lama, dan tidak rusak. Selalu gunakan pigura berkaca agar kain tidak terkena kotoran debu, serta jangan letakkan kain pada ruangan yang lembab atau terkena panas sinar matahari secara langsung.

Sebenarnya tapis kaligrafi bordir ini merupakan sebuah inovasi agar tapis kaligrafi tapis bisa diproduksi secara massal, sehingga lama pembuatan dan biaya produksi lebih efisien. Dengan demikian, akan berpengaruh juga pada harga jual yang lebih terjangkau oleh masyarakat. Pembuatan tapis kaligrafi dengan metode sulam tangan memang memiliki keunikan tersendiri. Namun sangat sulit untuk memproduksi tapis kaligrafi secara massal karena proses pembuatannya menggunakan metode sulam tangan.

Dengan hadirnya produk kaligrafi ayat kursi bordir, maka masyarakat dimudahkan untuk memiliki koleksi tapis kaligrafi dengan harga yang murah. Tentu dengan harapan semoga tapis dapat dikenal dan dimiliki masyarakat secara luas, baik nasional maupun internasional.​



Related Posts
Previous
« Prev Post