Tentang Provinsi Lampung

Lampung berada di bagian paling Selatan Pulau Sumatra, berada di daerah tropis dan dilalui oleh garis khatulistiwa. Provinsi Lampung disebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia, disebelah Timur berbatasan dengan Laut Jawa, disebelah Utara berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu, disebelah Selatan berbatasan dengan Selat Sunda. Luas wilayahnya 35.288 km2.
Beberapa pulau yang termasuk ke dalam wilayah Lampung, sebagian besar berada di Teluk Lampung, antara lain; Pulau Darot, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Sebuku, Pulau Ketagian, Pulau Sebesi, Pulau Poahawang, Pulau Krakatau, Pulau Putus, dan Pulau Tabuan.
Topografi Lampung
Secara topografi, Lampung dapat dibagi dalam lima daerah topografi:
1. Daerah topografis berbukit sampai bergunung, umumnya ditutupi vegetasi hutan primer atau sekunder yang meliputi Bukit Barisan dengan puncak-puncak Gunung Tanggamus, Gunung Pesawaran, dan Gunung Rajabasa. Sedangkan di Utara, terdapat puncak-puncak Gunung Punggung, Gunung Sekincau, dan Gunung Pesagi.
2. Daerah topografis berombak sampai bergelombang yang membatasi daerah pegunungan dengan dataran alluvial, vegetasi yang terdapat di daerah ini adalah tanaman pertanian-perladangan seperti, padi, jagung, dan sayur-sayuran, tanaman perkebunan seperti kopi, cengkeh, lada. Daerah ini meliputi Kedaton di wilayah Bandar Lampung; Gedong Tataan di wilayah Pesawaran; Sukoharjo dan Pulau Pugung di Kabupaten Tanggamus; serta Kalirejo dan Bangunrejo di Lampung Tengah.
3. Daerah dataran alluvial sangat luas, meliputi Lampung Tengah sampai mendekati pantai sebelah Timur yang merupakan bagian hilir dari sungai-sungai besar seperti Way Sekampung, Way Tulang Bawang, dan Way Mesuji.
4. Daerah dataran rawa pasang surut, terdapat sepanjang pantai Timur dengan ketinggian 0,5 m sampai 1 m.
5. Daerah river basin, dimana terdapat lima river basin utama, river basin Tulang Bawang, river basin Seputih, river basin Sekampung, river basin Semangka, river basin Way Mesuji.
Sungai-sungai yang mengalir di daerah Lampung antara lain, Way Sekampung (265 km), Way Semaka (90 km), Way Seputih (190 km), Way Jepara (50 km), Way Tulang Bawang (136 km), Way Mesuji (220 km).

Sumber:
Sujadi, Firman. 2012. Lampung: Sai Bumi Ruwai Jurai. Penerbit Cita Insan Madani: Jakarta
Pic: http://kebudayaanindonesia.net/

Related Posts
Previous
« Prev Post