Olahraga Teratur Bisa Bantu Meregenerasi Otak


Sehat merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Berbagai cara rela dilakukan oleh semua orang demi memiliki tubuh yang sehat, salah satunya dengan berolahraga.

Olahraga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Beragam penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka cenderung memiliki otak yang lebih besar dan ingatan yang baik.

Sehatnya otak ini bahkan juga dapat memicu pertumbuhan sel baru yang dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit Alzheimer. Aktivitas fisik dan kognitif otak memengaruhi pertumbuhan otak yang berkaitan dengan usia dan penurunan otak.

Aktivitas fisiknya juga tidak perlu yang berat karena selain dapat menyehatkan jantung, berolahraga rutin juga sangat baik bagi perkembangan otak.

Secara ilmu kedokteran, hubungan antara olahraga dan perkembangan otak menunjukkan aliran darah ke otak dan jantung mengalir dengan lancar. Sehingga, pasokan oksigen dan nutrisi penting dapat diterima tubuh agar tetap sehat.

Penelitian terbaru lainnya juga menunjukkan, berlatih jalan cepat dapat membantu meregenerasi sel otak menjadi lebih muda. Selain itu, hal ini juga dapat merangsang sel otak baru yang dapat mencegah dan melawan penyakit Alzheimer.

Dengan berjalan cepat dan bersepeda saja bisa memberikan dorongan positif pada otak agar selalu sehat.

Gaya hidup sangat memengaruhi cara kerja otak dan jantung kita. Semakin sering melakukan aktivitas fisik, maka otak dan jantung akan semakin sehat. Karena keduanya saling berkaitan. Jadi, apa yang baik untuk jantung tentunya juga sangat baik untuk perkembangan otak manusia.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat. Namun yang penting adalah harus rutin dilakukan selama 15-30 menit sehari.


Republika 9 Mei 2016

Related Posts
Previous
« Prev Post