Olahragawan Tak Menjamin Berjantung Sehat

Olahragawan Tak Menjamin Berjantung Sehat

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling penting guna mencegah berbagai macam penyakit. Khusus bagi para olahragawan, kebanyakan orang mungkin berpikir mereka jauh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, karena kerap berolahraga.

Seorang olahragawan belum tentu memiliki jantung sehat. Soalnya, ketika mereka berolahraga, jantung mereka justru dipacu untuk bekerja lebih keras, sehingga berisiko merusak fungsi jantung.

Olahraga membuat jantung bekerja lebih berat, sementara darah harus terus disuplai. Olahragawan biasanya melakukan olahraga berat dan kalau terus memaksakan olahraga justru akan mengakibatkan berbagai masalah jantung.

Kebanyakan olahragawan juga belum tentu memiliki jantung yang sehat. Karena jantung dipaksa bekerja justru mereka rentan serangan jantung. Serangan jantung ini biasanya disebabkan oleh korsleting arus listrik pada jantung saat memompa darah.

Kelainan inilah yang bisa menyebabkan mati mendadak pada para olahragawan maupun mereka yang aktif melakukan olahraga berat. Sebanyak 30 persen olahragawan bahkan tidak menyadari jantung mereka bermasalah. Sebab, penyakit jantung tidak memiliki gejala. Hal ini sekaligus menyimpulkan jantung merupakan penyakit silent killer, tidak hanya bagi olahragawan tapi bagi semua orang.

Untuk itu, dihimbau agar mereka yang kerap melakukan olahraga berat untuk rutin memeriksakan kesehatannya, termasuk kesehatan jantung. Ini berguna sebagai langkah pencegahan penyakit jantung di kemudian hari.

Itu penting dilakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga, terlebih para olahragawan kerap melakukan olahraga berat yang menghambat kerja jantung dalam fungsi normal. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan rutin mengontrol kesehatannya secara keseluruhan.


Republika 7 April 2016

Related Posts
Previous
« Prev Post