Begini Memilih Hobi yang Menyenangkan

Umumnya setiap orang memiliki hobi. Hobi biasanya dikerjakan saat waktu luang. Bagi sebagian orang, hobi tidak hanya sekedar menjalani aktivitas yang menjadi kesukaan, namun juga menjadi lahan bisnis yang menghasilkan uang. Manusia dewasa menghabiskan banyak waktunya untuk bekerja. Sedangkan sisa waktunya digunakan untuk mengurus keluarga. Hidup akan terasa menjenuhkan jika aktivitas sepanjang hari hanya melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Oleh karenanya, manusia membutuhkan hobi untuk mengurai kepenatannya.

Hobi dibutuhkan untuk menyegarkan semangat dan pikiran. Dengan melakukan hobi, kita dapat menyalurkan bakat dan minat, sehingga kehidupan kita selalu diisi dengan kegiatan positif. Seringkali orang-orang yang terjerumus dalam aktivitas negatif seperti tawuran, narkoba, mabuk-mabukan, disebabkan dirinya tidak menggeluti satu atau beberapa hobi. Ketika seseorang tidak memanfaatkan waktunya untuk aktivitas positif, maka dirinya akan terjerumus dalam aktivitas negatif. 

Berikut ini cara memilih hobi.

Pertama, pilihlah hobi yang menjadi passion. Lakukan kegiatan yang akan membahagiakan diri Anda. Anda merasa senang untuk mengulangi kegiatan itu berkali-kali. Anda pun tidak merasa terbebani untuk mengerjakannya secara rutin. Jika Anda merasa berat untuk melakukannya, maka kegiatan itu tidak cocok untuk dijadikan  hobi Anda. Kegiatan yang dipilih itu bisa berupa olahraga, petualangan, menulis, membaca, atau jalan-jalan.

Kedua, pilihlah hobi yang tidak menghabiskan banyak waktu. Hobi umumnya dilakukan secara rutin namun tidak terlalu sering. Biasanya hobi dilakoni di waktu luang, entah itu akhir pekan atau saat liburan. Jika sepanjang hari menggeluti hobi, maka ditakutkan akan menjadikan Anda bosan, dan akhirnya Anda tidak menekuni hobi itu lagi. Dan perlu diperhatikan, jangan sampai waktu bekerja dan saat-saat bersama keluarga menjadi terbengkalai hanya karena kesibukan menjalani hobi.

Ketiga, lakukan hobi yang sesuai dengan anggaran. Ada hobi yang mahal, ada pula yang murah. Pilihlah hobi yang aman bagi kantong Anda. Jangan paksakan hobi yang justru dapat menguras anggaran Anda. Ingatlah selalu bahwa hobi dikerjakan untuk mengurangi stress, bukan untuk menambah stress. Jadi jangan bebani diri Anda dengan berhutang hanya untuk menggeluti suatu hobi. Tetap prioritaskan anggaran untuk kebutuhan primer Anda.

Keempat, pilih hobi yang aman. Jangan sampai Anda melakukan hobi yang justru mengancam keselamatan jiwa. Anda dapat melakukan hobi yang memacu adrenalin selama ditemani oleh tim ahli dan berpengalaman. Jika hobi Anda berkaitan dengan  olahraga dan petualangan, perhatikan selalu aspek keamanan. Utamakan selamat dan jangan sekali-kali berbuat nekat.


Kelima, hobi harus berupa kegiatan positif. Jika hobi itu aktivitas yang negatif, maka tinggalkan. Tujuan seseorang memiliki hobi adalah untuk menyalurkan minat dan bakatnya pada kegiatan yang bermanfaat. Setiap aktivitas negatif hanya akan merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Pic: http://www.sunturist.com/

Related Posts
Previous
« Prev Post