Cara Menguatkan Mental Berpetualang

Saat ini kegiatan mendaki gunung menjadi aktivitas yang sedang booming. Apalagi sejak tayangnya film 5 cm, banyak anak muda yang terinspirasi dan tertantang untuk bisa menaklukkan puncak gunung.

Kegiatan mendaki gunung bukanlah aktivitas yang mudah dilakukan. Buktinya banyak pendaki yang menjadi korban di medan pendakian. Meskipun berat, bukan berarti puncak gunung tidak bisa ditaklukkan. Setiap orang bisa mendaki gunung asalkan mempersiapkan pendakian dengan sebaik-baiknya. Salah satu persiapan terpenting sebelum mendaki gunung adalah persiapan mental. Cuaca gunung terkenal ekstrim, medannya begitu berbahaya, dan banyak pula kisah mistis yang menyiutkan nyali, sehingga mental Anda harus siap jika situasi berbahaya terjadi.

Berikut ini cara agar mental Anda kuat dalam mendaki gunung.

Pertama, banyaklah berdoa. Ini adalah langkah awal yang dapat menguatkan mental Anda. Ketika Anda berserah diri kepada Tuhan, maka yakinlah tidak ada lagi yang perlu Anda takuti di dunia ini. Jika Tuhan mampu menguatkan langit berdiri kokoh melindungi bumi, maka sangatlah mudah baginya untuk menguatkan mental kita.

Kedua, siapkan pengetahuan tentang medan gunung yang akan didaki. Jika Anda akan mendaki gunung Lawu, maka cari tahu tentang medan, cuaca, atau kejadian aneh yang sering terjadi di gunung Lawu. Anda dapat dengan mudah mendapatkan info tersebut dengan searching di internet. Ada banyak pendaki yang suka berbagi cerita tentang pengalamannya mendaki gunung. Dari pengetahuan itu, setidaknya kita dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi sulit yang mungkin akan terjadi.

Ketiga, lakukan pendakian sesering mungkin. Bisa karena terbiasa, itulah sebabnya semakin sering Anda mendaki gunung, maka mental Anda akan semakin terbiasa menghadapi situasi dan kondisi gunung. Apalagi jika Anda selalu mendaki gunung yang berbeda, Anda akan semakin siap menghadapi situasi yang tidak terduga.

Keempat, selalu siapkan peralatan gunung Anda selengkap-lengkapnya. Peralatan Gunung yang disiapkan dengan lengkap  akan mendukung kesiapan mental Anda. Peralatan yang hanya disiapkan “ala kadarnya” menyebabkan diri Anda merasa was-was. Jangan terlalu mengambil resiko di gunung, karena kecelakaan pada medan yang ekstrim dapat berakibat pada jatuhnya korban jiwa.


Demikian cara menguatkan mental Anda dalam menghadapi medan pendakian atau olahraga ekstrim lainnya. Mental yang dipersiapkan akan lebih sigap dan matang dalam menghadapi situasi sulit. Ia tidak mudah panik, karena kepanikan akan meningkatkan resiko kecelakaan.

Pic: https://renzdtama.files.wordpress.com

Related Posts
Previous
« Prev Post

1 comments

30 June 2017 at 22:45

trimakasih gan buat tipsnya sangat membantu sekali,,

Reply
avatar