Agar Rutin Menunaikan Solat Dhuha

Solat dhuha merupakan solat yang waktu pelaksanaannya disaat terbitnya matahari hingga menjelang waktu dzuhur. Pelaksanaannya minimal dua rakaat dan tidak ada batas maksimal untuk jumlah rakaatnya. Jadi siapapun dapat mengerjakan solat dhuha dengan jumlah rakaat sebanyak-banyaknya dan sekuatnya.

Banyak anggapan bahwa solat dhuha adalah solat yang bila dikerjakan akan memperlancar rizki. Tentu akan mendatangkan manfaat jika dikerjakan secara rutin, bukan hanya sesekali. Namun nyatanya tidak banyak juga orang yang menyempatkan waktu untuk menunaikan solat dhuha, meskipun sekedar dua rakaat saja.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang tidak sempat untuk mengerjakan solat dhuha. Bisa jadi karena tidak tahu keutamaan sholat dhuha, jam kerja yang terlalu padat, atau disebabkan kemalasan,

Walaupun solat dhuha hukumnya tidak sampai pada level wajib, namun sangat dianjurkan untuk bisa rutin mengerjakannya. Selain mendapatkan pahala, solat dhuha juga mendatangkan keberkahan bagi kita saat bekerja mencari nafkah. Jadi rezeki yang diperoleh tidak hanya banyak dari sisi kuantitas, namun yang terpenting adalah mendapatkan berkah.

Berikut ini cara agar kita dapat rutin mengerjakan solat dhuha.

Pertama, luangkan sedikit waktu sebelum masuk kantor untuk mengerjakan solat dhuha. Bagi warga ibukota dan sekitarnya, umumnya para pekerja berangkat ke kantor sesaat setelah subuh untuk menghindari kemacetan di jalan. Oleh karenanya, solat dhuha dapat dilakukan setibanya di kantor sebelum batas jam masuk. Namun jika Anda terbiasa berangkat kerja pukul 6 pagi, maka sebelum keluar rumah, sempatkan untuk menunaikan solat dhuha. Cukup dua rakaat saja, yang terpenting rutin dikerjakan.

Kedua, upayakan selalu bangun tepat waktu. Jika Anda bangun selalu tepat waktu, maka aktivitas di pagi hari dapat dikerjakan secara teratur tanpa harus terburu-buru. Namun jika terlambat bangun, maka Anda akan tergesa-gesa, sehingga ada satu atau dua aktivitas rutin yang terpaksa harus ditinggalkan demi untuk mengefisiensikan waktu.

Ketiga, lakukan solat dhuha dua rakaat. Solat dua rakaat tidaklah memakan waktu yang terlalu banyak, barangkali hanya sekitar 3-5 menit saja. Cukup membaca surat-surat pendek untuk mempersingkat waktu. Namun jika waktu memungkinkan untuk membaca surat panjang, silahkan saja.

Dengan rutin menunaikan solat dhuha sebelum pekerjaan dimulai, diharapkan aktivitas mencari nafkah yang kita lakukan akan menjadi berkah, sehingga hasil yang diperoleh maksimal dan memberi banyak manfaat. Solat dhuha merupakan usaha kita untuk menyerahkan hasil pekerjaan kepada Yang Maha Kuasa. Jika hati selalu memasrahkan hasil pada Sang Pencipta, maka hidup akan selalu terasa tenang.

Pic: http://ilmfeed.com/

Related Posts
Previous
« Prev Post