Agar Anda Nyaman Curhat


Ketika menceritakan masalah dianggap suka mengeluh, maka Anda curhat pada orang yang salah!
Curahan hati atau curhat merupakan salah satu cara mudah, murah, efektif dalam mengurangi beban yang ada dalam pikiran. Semua orang pasti pernah curhat, namun tidak semua orang bisa menjadi teman curhat yang baik. 

Untuk mencari orang yang layak menjadi teman curhat memang cukup sulit. Apalagi untuk masalah yang benar-benar rahasia, maka harus lebih berhati-hati dalam memilih teman curhat.

Teman curhat yang baik setidaknya memiliki dua kriteria, ia adalah pendengar yang baik dan penjaga rahasia yang terpercaya. Ia tidak harus seorang problem solver. Seringkali seseorang yang curhat tidak butuh solusi, hanya butuh teman berbagi cerita. Kelihatannya dua kriteria itu mudah, namun nyatanya hanya sedikit orang yang mampu melakukannya. 

Jika Anda curhat pada orang yang salah, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

Pertama, Anda malah diejek sebagai orang yang suka mengeluh, tidak tahan banting, cengeng, pemalas. Teman seperti ini hanya membuat Anda jadi sakit hati.

Kedua, rahasia Anda menjadi rahasia umum. Temen curhat Anda sepertinya curhat tentang masalah Anda ke temannya. Jadilah orang lain tahu rahasia Anda tanpa sepengetahuan Anda. Teman seperti ini biasanya memang biang gosip.

Ketiga, rahasia Anda digunakan untuk menjatuhkan Anda. Berarti teman curhat Anda sebenarnya musuh dalam selimut, serigala berbulu domba, atau agen swasta sewaan musuh Anda.
Keempat, Anda curhat dan teman Anda balik curhat ke Anda. Masalah Anda malah makin bertambah. Segera tinggalkan dia!

Kelima, teman curhat Anda malah memperumit dan memperkeruh masalah Anda. Teman seperti ini adalah seorang problem maker.

Keenam, teman Anda memanfaatkan curhatan Anda untuk kepentingan pribadinya.  Teman seperti ini adalah penghianat.

Tidaklah mudah memilih teman curhat. Teman akrab yang sudah bertahun-tahun dikenal pun tidak lantas bisa menjadi teman curhat yang baik. Kalau Anda ragu curhat pada seseorang, lebih baik pendam saja masalah Anda dalam pikiran. 

Jika Anda tidak lagi percaya pada siapapun di dunia ini, maka curahkan masalah Anda pada Tuhan. Katakan pada-Nya apa yang menjadi problema hidup Anda.  Barangkali Anda tidak akan langsung mendapat respon dari-Nya. Tapi yakinlah bahwa Dia telah mempersiapkan solusi yang terbaik untuk Anda. Jadi bersabarlah!

Pic: www.muslimahcorner.com


Related Posts
Previous
« Prev Post