Review Produk Kaligrafi Ayat Kursi

Kaligrafi ayat kursi merupakan salah satu variasi model tapis yang didesain khusus untuk hiasan dinding. Ada beberapa ukuran yang beredar dipasaran untuk model hiasan dinding ini, ada ukuran 100 cm, 125 cm, dan 150 cm. Masing-masing varian tentunya memiliki harga yang berbeda-beda pula.

Kaligrafi Ayat Kursi Bordir
Ayat kursi sendiri merupakan motif tapis yang diambil dari teks Al-Quran pada surat Al-Baqarah ayat 255. Kaligrafi ayat Al-Quran menjadi salah satu bentuk pengaruh Islam yang turut memperkaya khazanah motif kain tapis Lampung. Motif ayat kursi dibuat hanya untuk model tapis yang didesain untuk hiasan dinding dan tidak akan kita temui motif ini pada model tapis sarung. Hal ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan akan kedudukan ayat Al-Quran yang begitu tinggi. Dengan memajang ayat Al-Quran diharapkan suasana religius dan ketenangan akan semakin terasa di ruangan tersebut. Tentu memajang ayat kursi di suatu ruangan bukan dimaksudkan sebagai jimat yang melindungi penghuni ruang itu terlindungi dari marabahaya.

 Tapis Ayat Kursi Sulam Full Benang Emas
Sulam Full Benang Emas
Pembuatan motif pada produk kaligrafi ayat kursi juga bervariasi. Ada model ayat kursi yang motifnya dibuat dengan metode 100% bordir; ada motif yang dibuat dengan 100% sulam; dan ada model ayat kursi yang motifnya perpaduan antara bordir dan sulam. Dari segi harga, tapis yang motifnya dibordir biasanya diberi harga murah, sedangkan tapis dengan motif yang disulam memiliki harga termahal.

Kain tapis ditenun dari bahan benang kapas. Pembuatannya masih memanfaatkan metode tradisional. Meskipun dibuat dengan peralatan yang sederhana, namun proses pembuatan kain tenun tapis tetap saja membutuhkan ketelitian, kesabaran, serta kemampuan menenun yang mumpuni. Dengan proses penenunan yang mendetail, maka sangat wajar jika kain tenun yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang sangat baik. Kain tenun tapis umumnya sangat awet dan kualitasnya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan para kolektor tapis seringkali mendapati kain tapis kuno yang telah berusia puluhan tahun. Dengan perawatan khusus, tentu kain tapis tidak akan cepat mengalami kerusakan. Untuk tapis model hiasan dinding, sangat dianjurkan agar pigura dilapisi kaca dan dipajang di ruangan yang tidak lembab, serta terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

Ayat Kursi Sulam Standar
Ada perbedaan benang yang digunakan untuk motif yang dibordir dengan motif yang disulam. Pada motif yang dibordir, benang yang digunakan adalah benang jahit.  Sedangkan pada motif yang disulam, benang yang digunakan adalah benang emas pelintir. Sebagai gambaran, benang emas pelintir besarnya seperti benang nilon namun benang  emas memiliki tekstur yang lebih kasar. Benang emas ini biasanya produk impor. Itulah sebabnya kain tapis dengan motif yang disulam biasanya memiliki harga yang sangat tinggi.

Untuk menyelesaikan kain tapis kaligrafi ayat kursi yang motifnya dibordir, setidaknya diperlukan waktu 3-7 hari. Tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tapis kaligrafi yang motifnya disulam tangan, setidaknya 1-2 bulan. Sedangkan untuk mengerjakan model tapis ayat kursi yang motifnya perpaduan sulam dan bordir, dibutuhkan waktu hingga 3 minggu.

Jika Anda menginginkan proses transaksi melalui rekening bersama, silahkan lakukan pembelian produk kami dengan mengklik bukalapak.com





Related Posts
Previous
« Prev Post