Cara Mudah Rutin Solat Tahajud

Solat tahajud memiliki banyak keutamaan. Pada saat sepertiga malam terakhir itu Allah Ta’ala turun ke langit dunia untuk mendengarkan dan mengabulkan doa yang dipanjatkan hamba-hamba-Nya. Meskipun memiliki keutamaan yang luar biasa, namun tidak semua orang sanggup rutin mendirikan solat tahajud. Barangkali karena dilaksanakan pada akhir malam, saat dimana rasa kantuk begitu berat, maka membuat orang sulit untuk solat tahajud.

Solat tahajud minimal dikerjakan 2 rakaat setelah bangun tidur pada malam hari, sebelum azan subuh.

Berikut ini tips dan trik agar Anda bisa rutin solat tahajud.

Pertama, tidur lebih awal, jangan terlalu larut malam. Seringkali seseorang merasa berat dan sulit untuk bangun awal disebabkan ia tidur terlalu larut malam. Jika memang berniat untuk melakukan solat tahajud, maka tidurlah sebelum pukul 11 malam. Lakukan itu secara rutin. Jika sudah terbiasa bangun awal, maka tubuh secara otomatis akan terbangun sesuai rutinitas sehari-hari.

Kedua, jauhi kemaksiatan. Solat tahajud merupakan ibadah yang agung. Orang yang terbiasa mengerjakan solat tahajud setiap hari, disebabkan karena Allah berikan kemudahan kepadanya. Untuk mendapatkan pertolongan itu, maka dibutuhkan hati dan niat yang selalu bersih. Kemaksiatan adalah kegelapan, sehingga cahaya hidayah dan pertolongan dari Allah akan sulit turun pada hati yang gelap.  Betapa banyak orang-orang terhalang dari amalan soleh disebabkan kemaksiatannya. Satu kemaksiatan yang sengaja dikerjakan akan mengajak pada kemaksiatan yang lain, sehingga pelakunya akan sibuk dan terlalaikan dari amalan soleh.

Ketiga, awali tidur dengan doa. Mintalah pertolongan pada Allah, karena tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah. Doa menjadikan diri kita selalu merasa berserah diri dan merasa butuh pada Allah. Justru Allah membenci orang-orang yang tidak pernah berdoa pada-Nya. Mereka yang tidak pernah berdoa, seolah-olah merasa sanggup hidup tanpa campur tangan Allah. Jika kita selalu mengingat Allah, maka Allah pun akan senantiasa memudahkan kita untuk beribadah pada-Nya.

Keempat, jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur. Lakukan makan malam sebelum magrib. Jika makan malam sebelum tidur dan terlalu malam, maka tubuh akan menjadi lemah serta beresiko menimbulkan kegemukan atau obesitas. Jadi makanlah beberapa jam sebelum tidur agar proses pencernaan dapat beristirahat di saat kita tidur serta tubuh kita akan merasa segar saat terbangun.

Para pemimpin dan tokoh besar muslim terdahulu dikenal sebagai orang yang rutin mengerjakan solat tahajud. Banyak juga dikisahkan cita-cita besar yang terwujud karena disebabkan doa-doa di akhir malam. Allah memberi balasan pahala yang besar pada orang yang solat tahajud, setara dengan tingkat kesulitan yang harus diupayakan seseorang untuk mengerjakan solat tahajud. Semakin berat suatu ibadah, maka Allah pasti memberikan ganjaran pahala yang besar pula.


Jika Anda memiliki cita-cita atau permintaan yang besar, berdoalah diakhir malam. Sampaikan permintaan Anda kepada Allah Yang Maha Besar. Bahkan jika Anda menghadapi masalah yang teramat sulit, mintalah kemudahan dan solusi pada-Nya. Begitu banyak orang-orang yang memiliki masalah justru memohon-mohon pertolongan pada orang lain, namun yang diperoleh justru kehinaan dan kekecewaan. Beda halnya jika ia menyampaikan kesulitannya pada Allah Yang Maha Besar, hatinya akan tenang dan lapang, serta hidupnya akan dianugerahi kemuliaan. Jadi berusahalah mulai saat ini untuk merutinkan solat tahajud untuk menggapai keridhoan-Nya.

Pic: http://3.bp.blogspot.com/

Related Posts
Previous
« Prev Post