Ulasan Tapis Motif Kapal Naga

Naga adalah makhluk khayalan dalam mitologi China yang digambarkan sosoknya seperti ular, bersisik, memiliki kaki, dapat menyemburkan api, dan bersayap.

Dalam budaya Cina rutin diadakan perayaan perahu naga. Masyarakat Cina berpandangan bahwa dengan merayakan tradisi perahu naga, diharapkan keberkahan akan senantiasa menaungi kehidupan mereka. Naga dianggap sebagai perwujudan dewa yang menguasai dunia air. Sedangkan kapal merupakan gambaran dari kepala dan ekor naga. Jadi bila kapal naga berlayar maka air akan terberkati. Bahkan diyakini jika seseorang berenang di dalam kapal naga air, maka badannya akan terhindar dari kelemahan dan penyakit sepanjang satu tahun ke depan.

Interaksi budaya Cina dan Lampung sudah terjalin dalam masa ribuan tahun. Di masa lalu, Lampung memiliki kerjasama perdagangan dengan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Cina. Terdapat dua wilayah di Lampung yang sejak lama menjalin hubungan perdagangan dan diplomatik dengan Cina, yaitu Kenali dan Tulang Bawang. Inilah salah satu keunggulan kerajaan-kerajaan yang berada di Lampung yang telah dikenal eksistensinya hingga ke luar negeri.

Hubungan dua kebudayaan yang sangat intensif menimbulkan proses akulturasi di antara dua kebudayaan tersebut. Proses akulturasi terjadi sebagai dampak interaksi sosial yang sangat lama antara dua kebudayaan tersebut. Sebagai dampak interaksi itulah muncul berbagai bentuk ide, aktivitas maupun benda-benda hasil proses akulturasi kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan hasil akulturasi budaya Cina dengan Lampung adalah tapis motif kapal naga.

Tapis motif kapal naga sangat cocok bagi Anda yang mengagumi filosofi budaya Cina. Motif ini sangat unik dan antik, karena sangat jarang ditemui kain tenun yang mengadaptasi pola motif hasil akulturasi budaya lokal dengan bangsa lain. Ini salah satu contoh bagaimana terbukanya masyarakat Lampung terhadap budaya masyarakat luar. Sebagai bangsa yang berkembang, berinteraksi dengan aneka komunitas masyarakat merupakan suatu keharusan.

Motif kapal naga disulam dari benang emas. Motif ini dibuat oleh pengrajin tapis profesional dan pembuatannya menggunakan metode sulam tangan. Pembuatan motif ini dilakukan dengan teliti dan detail, sehingga sulaman yang dihasilkan sangatlah rapi.

Motif kapal naga tergolong motif yang rumit. Proses pengerjaannya setidaknya membutuhkan waktu 2 bulan untuk kain ukuran 100 cm x 60 cm. Meskipun rumit, namun banyak pengrajin yang memproduksi motif ini, sehingga stok tapis kapal naga dipasaran jarang terjadi kelangkaan. Namun sesekali kita akan menjumpai permintaan yang begitu tinggi, terutama saat perayaan hari besar Cina, sehingga di beberapa toko tapis acapkali mengalami kehabisan stok.




Related Posts
Previous
« Prev Post