Mengenal Aneka Solat Sunnah

Tathawu’ pada asalnya adalah mengerjakan ketaatan. Dalam istilah syar’i artinya adalah mengerjakan ketaatan-ketaatan yang tidak wajib. Shalat tathawu’ adalah tambahan-tambahan atas shalat fardhu.

Urgensi shalat tathawu’

1. Shalat adalah sebaik-baik amal. Nabi shallallalhu ‘alaihi wasallam bersabda, “Istiqamahlah dan janganlah banyak menghitung-hitung amal, serta ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Memperbanyak shalat tathawu dapat mengangkat derajat di dalam surga. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hendaklah engkau memperbanyak bersujud kepada Allah. Sesungguhnya tidaklah engkau sekali bersujud kepada Allah melainkan Allah akan mengangkatmu satu derajat dengannya dan menghapuskan satu kesalahan darimu. (HR. Muslim)

3. Menutup kekurangan yang ada pada shalat-shalat fardhu.


Jenis-Jenis Shalat Tathawu’

Pertama, shalat tathawu’ mutlak, yaitu shalat yang tidak memiliki sebab tertentu, dan tidak ada batasannya. Tidak ada batasan jumlah rakaatnya.

Kedua, shalat tathawu' muqayyad, yaitu shalat sunnah yang telah disebutkan oleh dalil tentang pensyariatannya. Shalat seperti ini ada dua macam:
- Shalat sunnah rawatib
- Shalat sunnah selain rawatib, seperti witir. qiyamul lail, dhuha, shalat tahiyatul masjid

Sumber:
Shahih Fiqih Sunnah, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim: Pustaka At-Tazkia



Related Posts
Previous
« Prev Post