Pengertian Wali Allah

- Penetapan bahwa kewalian itu adalah milik Allah. Maksudnya, Allah Ta’ala memliki wali-wali. Allah berfirman, “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus: 62-63).

- Kemuliaan para wali di sisi Allah, yaitu jika seseorang memusuhi mereka, maka Allah telah mengumumkan permusuhan dengannya.


- Memusuhi para wali Allah termasuk dosa besar karena Allah memerangi orang-orang yang memusuhi wali-Nya.

- Amalan wajib lebih dicintai Allah daripada amalan sunnah. Ini berdasarkan firman-Nya, “Tidaklah ada taqarrub-nya seorang hamba kepada-Ku yang lebih Aku cintai kecuali dengan beribadah dengan apa yang Aku wajibkan kepadanya.”

- Adanya isyarat bahwa perintah Allah ada dua macam: wajib dan sunnah.

- Penetapan mahabbah (cinta) kepada Allah. Ini berdasarkan firman-Nya, “…lebih Aku cintai daripada amalan yang aku wajibkan kepadanya.” Cinta adalah sebuah sifat yang berada dalam Dzat Diantara buah dari cinta itu adalah kebaikan yang dianugerahkan oleh Allah kepada orang yang dicintai, pahala, dan kedekatan dari-Nya.

- Amalan-amalan itu sendiri mempunyai keutamaan yang berbeda-beda.

- Adanya dalil tentang pendapat yang dipegang ahlu sunnah wal jama’ah bahwasanya iman itu bertambah dan berkurang, Apabila tingkat kecintaan Allah terhadap amalan itu berbeda-beda, maka ini menunjukkan bahwa iman itu dapat bertambah dan berkurang sesuai dengan tingkat keutamaanya (tingkat keutamaan amalan yang dikerjakannya).

- Jika seseorang semakin dekat kepada Allah dengan mengerjakan amal shalih, maka hal itu lebih membuat doa dan permohonan perlindungannya dikabulkan Allah. Ini berdasarkan firman-Nya dalam hadits diatas, “Dan apabila dia meminta-Ku, pasti Aku akan memberinya, dan apabila dia memohon perlindungan kepada-Ku, pasti Aku akan melindunginya.”

Sumber:
Syarah Hadits Arba’in Imam Nawawi, dita’liq oleh Syaikh Al-Utsaimin: Media Hidayah.




Related Posts
Previous
« Prev Post