Dzikir Harian Yang Harus Dipahami Setiap Muslim

Laa ilaaha illallah

Ini adalah prinsip agama sekaligus dzikir yang paling agung yang dapat diucapkan dalam setiap waktu. Ini adalah perkataan yang paling baik, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sebaik-baik yang aku dan nabi-nabi sebelumku ucapkan adalah (kalimat) Laa ilaaha illallah.” (HR. Tirmidzi)

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang paling bahagia dengan syafaatku pada hari kiamat adalah orang yang mengucapkan (kalimat) Laa ilaaha illallah secara ikhlas dari dalam hatinya.” (HR. Bukhari)

Makna Laa ilaaha illallah adalah tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allah.


Subhaanallah

Maknanya, adalah aku menyucikan Allah dari segala bentuk cela dan kekurangan

Alhamdulillah

Maknanya, aku memuji Allah dengan sifat-sifat yang layak baginya, berupa sifat kesempurnaan dan kebaikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “(Ucapan) Alhamdulillah memenuhi timbangan, (ucapan) subhaanallah wal Alhamdulillah (keduanya) memenuhi antara langit dan bumi.” (HR. Muslim)

Subhaanallah wa bihamdih

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan pada pagi dan sore sebanyak 100 kali, maka dosanya diampunkan meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Astaghfirullah

Maknanya adalah aku meminta kepada Allah untuk mengampuniku. Adapun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang telah diampuni dosanya yang terdahulu dan kemudian, pernah bersabda, “Sungguh saya memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepadanya dalam satu hari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari)

Laa haula walaa quwwata illaa billah

Maknanya, tidak ada perubahan dan pergantian dari satu situasi kepada yang lainnya, dan tidak ada daya terhadap hal itu, kecuali atas petunjuk dan bantuan dari Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “ Maukan aku tunjukkan kepadamu sebuah kata yang merupakan salah satu simpanan harta surga, yaitu (ucapan) Laa haula walaa quwwata illaa billah.” (HR. Bukhari-Muslim)

Bismillah

Artinya, saya memohon kemuliaan dan pertolongan dan memulai dengan nama Allah. Ucapan Bismillah diucapkan dalam berbagai tempat, misalnya ketika akan makan atau ketika memulai suatu ucapan atau perbuatan.

Sumber:
Panduan Praktis Muslim, Fahad Salim Bahammam, Indo Modern Guide: Bekasi


Related Posts
Previous
« Prev Post