Manfaat Merawat Gigi

Peranan Merawat Gigi

Gigi memiliki fungsi tak hanya untuk mengunyah makanan. Peranannya sangat penting bagi tubuh kita, termasuk untuk kecantikan. Setiap kali bertemu dengan seseorang, kita tentu akan mengunakan gigi untuk tersenyum guna memperlihatkan keramahtamahan terhadap lawan bicara.

Jika gigi mengalami kerusakan, tentu akan sangat berpengaruh tak hanya terhadap kepercayaan diri kita, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan seluruh tubuh. Karena itu, penting bagi kita untuk merawat kesehatan gigi sejak dini. Gigi yang terawat akan lebih sehat dan bebas dari masalah-masalah dan gangguan kesehatan gigi saat dewasa.

Masalah-masalah gigi cukup besar dampaknya karena dapat merusak kualitas hidup. Masalah pada gigi dan mulut jika didiamkan dapat memperburuk proses pencernaan makanan dan memperbesar risiko penyakit jantung. Selain itu, masalah ini juga dapat merusak kepercayaan diri dan mengganggu konsentrasi saat beraktivitas sehari-hari.

Kebiasaan menyikat gigi yang keliaru hampir merata tinggi di seluruh kelompok umur.

Kunci utama agar terhindar dari masalah-masalah gigi tersebut sebenarnya cukup dengan menjaga kebersihannya. Sayangnya, kebersihan gigi belum dianggap sebagai suatu kebutuhan yang utama oleh masyarakat Indonesia.

Perawatan gigi dimulai dengan menyikat gigi hingga memilih pasta gigi yang cocok. Merawat kesehatan gigi tidaklah sulit. Cukup menyikat gigi dua kali sehari dengan baik dan benar, itu sudah cukup. Jika diperlukan, gunakan obat kumur guna mengangkat kotoran di sela-sela gigi yang tidak terjangkau.

Republika 19 Agustus 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post