Tips Menjaga Kesehatan Mata

Cara Lain Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata dari papara gadget. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, cara-cara ini juga sangat dianjurkan oleh sebagian dokter mata, seperti:

Banyak berkedip

Biasakan untuk berkedip. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Sehingga, mata tegang, kering, lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Yaitu setiap 20 menit, pengguna gadget harus berhenti dan melihat objek lain sejauh 20 kaki. Lalu, mengedipkan mata 20 kali. Cara ini efektif mencegah mata lelah.

Kurangi cahaya menyilaukan

Ubahlah cahaya yang ada di sekitar untuk mengurangi pantulan cahaya yang menyilaukan yang datang dari layar computer. Jika bekerja di dekat jendela, aturlah letak layar monitor untuk mengurangi pantulan cahaya dari layar monitor. Meredupkan cahaya ruangan dapat membantu mengurangi pantulan cahaya dari layar monitor.

Atur jarak perangkat elektronik dengan mata

Untuk layar computer, jarak 50-100 meter merupakan jarak yang ideal. Jangan lupa juga untuk mengatur tingkat kecerahan layar perangkat computer agar mata tidak mudah lelah.

Mengatur ulang meja kerja

Menurut para ahli, posisi optimal layar computer adalah berada di bawah mata. Artinya, kepala tidak sejajar atau menengadah untuk melihat layar monitor. Jarak antara mata dan layar monitor diusahakan sekitar 20-50 cm.

Pilih layar computer yang sesuai

Gunakan layar computer yang nyaman di mata dan mampu memberikan kenyamanan pada mata. Layar computer yang baik adalah yang rendah emisi cahaya birunya dan bebas kedip. Hal ini tentu saja untuk mengurangi kelelahan pada mata yang berimbas pada terjadinya computer vision syndrome.

Konsumsi lutein dan zeaxanthin alami

Kedua zat tersebut banyak terdapat dalam sayuran berwarna hijau antara lain bayam dengan jumlah minimal dua ikat per hari.

Republika 27 Oktober 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post