Perhatikan Tumbuh Kembang Otak Si Kecil

Perhatikan Tumbuh Kembang Otak Si Kecil

Parameter penting si kecil, pertumbuhan fisik anak, anak mencapai tiga kali berat lahirnya di usia 1 tahun dan tingginya mencapai 50 persen tinggi dewasanya pada usia dua tahun. Untuk pertumbuhan fisik, nutrisi yang dibutuhkan adalah protein.

Protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, juga diperlukan kalsium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Sementara usia dua tahun ukuran otak anak sudah mencapai 80 persen berat otak dewasanya. Untuk itu dibutuhkan nutrisi untuk perkembangan otaknya. Di antaranya adalah minyak ikan sebagai sumber DHA, omega 3, dan omega 6.

Untuk mendukung masa eksplorasi si kecil yang menginjak 1 tahun, asupan gizi yang seimbang dan sesuai tahapan usia sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal. Hal ini antara lain dapat dicapai dengan mengikuti piramida makanan. Oleh karena itu, untuk memastikan gizi dapat diserap baik oleh tubuh, maka kesehatan saluran cerna perlu dijaga. Kesehatan pencernaan penting jadi perhatian karena fungsinya untuk mengolah gizi selain perannya sebagai organ imunitas terbesar.

Tantangan bagi anak-anak di Indonesia adalah penyakit infeksi, seperti ISPA, diare dan lainnya. Karena itu, berikan nutrisi perlindungan sebagai fundamental tumbuh kembang si kecil yang optimal.

Nutrisi untuk perlindungan, nutrisi untuk kesehatan saluran cerna. Serat pangan, misalnya inulin, bakteri baik, strain spesifik, vitamin A, C, E, juga mineral selenium dan zink. Sebanyak 80 persen sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna. Kolonisasi bakteri baik penting untuk pematangan sistem daya tahan tubuh di saluran cerna.

Republika 10 April 2016



Related Posts
Previous
« Prev Post