Kecantikan Hakiki

Membuat Hidup Lebih Bermakna

Menjadi perempuan yang cantik luar dalam termasuk gampang-gampang susah. Akan menjadi sulit bila perempuan menganggap sulit, namun bisa juga tidak.

Pada dasarnya, kecantikan luar dan dalam selalu dimulai dari dalam diri seorang perempuan. Kepribadian setiap orang tentunya harus orisinil, tidak dibuat-buat. Orang akan tampak memesona ketika berpikir positif, memandang hidup dengan penuh makna, mampu mengelola emosi, selalu memerlukan wawasan, dan selalu merasa dirinya bermanfaat untuk orang lain.

Sikap demikian akan membantuk aura dan karisma positif terhadap sosok seseorang. Setelah terbangun kecantikan dari dalam diri secara natural, kecantikan dari segi fisik akan mengikuti. Senyumnya akan terasa hangat sehingga membuat orang sekitar senang berteman dengannya. Sementara itu, kecantikan fisik akan lebih terlihat apabila perempuan merawat tubuhnya serta memerhatikan kebersihan dan kerapian penampilannya.

Seorang perempuan bisa membuat hidupnya lebih berdaya jika mengetahui level peranannya begitu dahsyat. Misalnya, seorang ibu rumah tangga bisa sangat berdaya ketika aktif dalam lingkungan rumah atau sekolah anaknya. Seorang perempuan  bekerja bisa berpengaruh terhadap rekan kerja ketika mengajarkan nilai-nilai tanggung jawab. Bahkan, bila ia seorang pemimpin di perusahaan, sosoknya bisa menjadi inspirasi dalam mencetak pemimpin baru. Sementara itu, untuk mereka yang usia lanjut akan belajar memaknai hidup kemudian membagi pengalamannya pada keluarga atau teman.

Setiap manusia lahir dengan potensi luar biasa, namun terkadang orang melihat potensinya lebih rendah dari yang sesungguhnya ia miliki. Untuk menggali potensi, tanyakan pada diri sendiri mengenai kemampuan diri. Ajukan pertanyaan seperti, “Apa yang senang saya lakukan?”, “Bagaimana pendapat orang lain dengan bakat yang saya miliki?”, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang membangun diri.

Setelah berhasil menguak potensi, coba kembangkan. Asah bakat sesuai dengan tahapan dan kemampuan. Bila ingi serius mengakselerasi potensi, jasa seorang coach bisa dimanfaatkan.


Republika 28 April 2015 

Related Posts
Previous
« Prev Post