Tips Mencegah Osteoporosis

 Cara Mencegah Osteoporosis

Beberapa cara guna mencegah osteoporosis, di antaranya adalah sebagai berikut:

Perbanyak Asupan Kalsium

Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti kacang-kacangan, gandum, ikan salmon, susu, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut mengandung banyak kalsium yang sangat dibutuhkan guna memperkuat tulang. Mengonsumsi suplemen kalsium juga bisa menjadi alternative jika memang diperlukan.

Vitamin D

Vitamin D menstimulasi penyerapan kalsium. Sinar matahari akan membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari selama 15 menit cukup berguna untuk mencegah osteoporosis.

Hindari Rokok dan Alkohol

Menghindar dari kedua benda itu penting dilakukan karena kandungan zat berbahaya didalamnya. Rokok dan alkohol dapat menimbulkan pengeroposan dini pada tulang sehingga memicu risiko osteoporosis, terutama bagi wanita.

Hindari Minuman Bersoda

Minuan bersoda atau soft drink merupakan salah satu faktor yang berkontribusi dalam pengeroposan tulang. Asam yang terkandung dalam soda bisa menghilangkan lapisan enamel gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

Olahraga

Salah satu cara paling mudah dilakukan untuk mencega osteoporosis adalah dengan olahraga secara teratur. Melakukan olahraga secara rutin sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan, di antaranya adalah aerobic, yoga, atau latihan beban.
Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, misalnya vitamin K1, kalsium, dan boron. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk menegah osteoporosis di antaranya adalah bayam, brokoli, kangkung, dan sawi hijau.

Republika 9 November 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post