Ancaman Kesehatan Pada Penderita Obesitas

Bahaya Obesitas Pada Anak

Indonesia merupakan negara dengan tingkat obesitas anak tertinggi di antara negara-negara ASEAN.
Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang optimal. Namun dalam pengembangannya, bagaimana jika anak mengalami kegemukan (obesitas)?

Tentunya, hal itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan aktivitas anak. Obesitas pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan dampak signifikan bagi kesehatan fisik, jiwa, dan sosial. Faktor asupan energi (baik dari karbohidrat maupun lemak), aktivitas fisik, gaya hidup, dan lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatnya prevalensi obesitas di seluruh dunia.

Sementara itu, kecenderungan mengonsumsi minuman bergula atau berkalori semakin meningkat pada anak-anak. Padahal, minuman yang mengandung gula dapat memicu kegemukan.

Anak-anak saat ini gemar meminum minuman yang kaya kalori sehingga menyebabkan angka obesitas yang tinggi. Padahal, obesitas pada anak mengancam kesehatannya. Hal itu karena berpotensi membawa penyakit berbahaya lainnya seperti kardiovaskular (jantung).

Ia menerangkan, glukosa diperlukan untuk pembentukan sel-sel tubuh. Akan tetapi jika berlebihan, akan dapat menyebabkan kegemukan. Kelebihan gula atau kalori disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh dan lemak inilah kemudian yang menyebabkan obesitas.


Republika 2 Februari 2015

Related Posts
Previous
« Prev Post