Optimalkan Nutrisi Anak Alergi Susu

Optimalkan Nutrisi Anak Alergi Susu

Para ibu dengan anak yang mengalami alergi tentu merasa khawatir akan keadaan kesehatan anaknya. Apalagi, pada anak yang alergi terhadap protein susu sapi. Padahal, susu merupakan salah satu sumber gizi yang dibutuhkan setiap anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Susu sapi tidak dapat ditoleransi oleh anak-anak dengan risiko alergi tersebut. Anak yang alergi protein susu sapi akan memberikan reaksi abnormal terhadap asupan nutrisi yang di kandung susu sapi. Pada awal kehidupan, asupan nutrisi terbaik bagi anak-anak adalah ASI dari ibu yang mungkin mengonsumsi protein susu sapi guna mencukupi kebutuhan ASI-nya.

Dihimbau agar dilakukan intervensi yang tepat bagi anak-anak dengan kondisi alergi tersebut. Tujuannya, agar anak terhindar dari allergen pemicu, namun tetap memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Pemberian nutrisi terhadap anak penderita alergi protein susu sapi, di antaranya dengan memberikan protein terhidrolisis parsial. Meskipun cukup asing bagi masyarakat, hal ini sedikit banyak dapat membantu anak yang alergi agar tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Protein terhidrolisis parsial adalah sebuah hasil dari teknologi yang memotong panjang rantai protein menjadi lebih pendek. Selain itu, teknologi ini juga akan memperkecil ukuran massa molekul protein sehingga nantinya protein akan lebih mudah dicerna dan diterima oleh anak.

Alternatif lainnya, bagi anak yang alergi protein susu sapi, dapat diberikan isolate protein kedelai. Orang tua diimbau agar tidak terlalu khawatir dalam memberikan protein susu kedelai pada anaknya. 

Soalnya, berdasar beberapa penelitian, protein susu kedelai terbukti dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Secara keseluruhan, anak yang mengonsumsi susu kedelai tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengonsumsi protein susu sapi.


Republika 6 April 2016

Related Posts
Previous
« Prev Post