Tips Agar Tubuh Selalu Sehat

Tips Tubuh Sehat dan Bugar

Kebugaran pada dasarnya harus mengadopsi gaya hidup sehat untuk meningkatkan ketahanan mental dan fisik. Untuk itu, ada tips dan kiat agar tubuh senentiasa bugar dan sehat, yaitu:

Makan Sehat

Cukup terapkan rumus 4J, yaitu jumlah, jadwal, jenis, dan jurus. Untuk jumlah, seimbangkan asupan makanan dengan aktivitas. Untuk jadwal, sedianya Anda harus memiliki pola makan minimal tiga kali sehari (pagi, siang, malam). Sementara, bagi anak, gizi harus lengkap, lebih bagus ditambah snack yang sehat dan buah-buahan. Jurus memasak harus diperhatikan agar menjauhi makanan yang digoreng. Ajarkan anak untuk mengonsumsi makanan direbus, dikukus, atau dibakar.

Berpikir Sehat

Orangtua dilarang membuat anak stress. Tidak perlu banyak memberi tekanan, semisal, selalu menuntut anak meraih peringkat di sekolah dan sebagainya. Biarkan anak bahagia dengan tetap dalam bimbingan dan pantauan orangtua.

Istirahat Sehat

Untuk anak, biasakan istirahat atau tidur selama delapan sampai 10 jam per hari. Sementara, orangtua cukup enam sampai delapan jam per hari.

Aktivitas Sehat

Rutinkan olahraga, ajak anak senam, bersepeda, atau lari maupun olahraga lainnya. Anak cenderung lebih senang olahraga yang membuatnya seperti sedang bermain.

Lingkungan Sehat

Bebaskan anak dari asap rokok. Berikan contoh agar perilaku hidup anak menjadi sehat. Batasi juga penggunaan gadget dan atur pola hidup anak.

Sumber:
Republika 23 Desember hal. 26



Related Posts
Previous
« Prev Post