Tips Pencegahan Karies

Tips Cegah Karies

Pencegahan karies gigi perlu dilakukan sejak dini. Langkah antisipatif harus diambil agar gigi susu anak tak terpapar karies yang terlalu awal. Karenanya, para orangtua perlu mengetahui tips pencegahan karies gigi menurut fase pertumbuhan anak.

Usia 6-8 bulan

Pada usia ini, orang tua sudah dianjurkan untuk membersihkan gigi bayi usai minum susu atau ASI. Orang tua bisa membasuh gigi dan gusi bayi menggunakan kain kasa yang dibasahi air hangat dan dibelitkan ke jari. Dengan begitu, sejak kecil sudah mengenal kebiasaan membersihkan gigi.

Usia 1-2 tahun                  
        
Satu kebiasaan fatal yang kerap dilakukan orang tua ialah membiarkan anak minum susu formula dari botol hingga tertidur. Itu tidak dianjurkan karena bisa berakibat buruk pada kesehatan gigi dan menyebabkan early caries decay. Soalnya, sisa susu bisa berubah menjadi asam dan melarutkan mineral gigi.

Usia balita

Pembiasaan menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi anak sebesar biji jagung sangat dianjurkan pada usia ini. Selain itu, anak juga harus dikenalkan dengan pemeriksaan gigi berkala ke dokter gigi, minimal enam bulan sekali. Jangan menunggu anak sampai sakit gigi baru ke dokter karena akan menyebabkan trauma.

Usia sekolah

Pada usia sekolah, konsumsi makanan manis berlebih, seperti cokelat dan gula kerap menjadi penyebab kerusakan gigi pada anak.

Republika 29 Oktober 2015




Related Posts
Previous
« Prev Post