Pengetahuan Seputar Diabetes

Fakta Dan Mitos Tentang Diabetes

Mitos: Diabetes bukan penyakit serius.

Fakta
Diabestes jika ditangani dengan tepat, tidak akan menyebabkan komplikasi berbahaya yang dapat merusak organ, seperti mata, jantung, peredaran darah, sistem saraf, gigi dan gusi, kaki dan kulit, atau ginjal.

Mitos: Jika gemuk atau berat badan di atas indeks massa tubuh 25-29,0, pasti pada akhirnya akan mengidap diabetes tipe 2.

Fakta: Kegemukan adalah salah satu faktor risiko diabetes, tapi ada faktor risiko lainnya, yaitu keturunan, etnis, dan usia. Ada banyak orang gemuk tidak mengidap diabetes tipe 2.

Mitos: Makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes.

Fakta: Tidak sesederhana itu. Tinggi gula darah pada penderita diabetes tipe 1 disebabkan kurangnya insulin. Ini adalah faktor genetic yang belum diketahui sebabnya. Sementara, diabetes tipe 2 disebabkan oleh banyak faktor risiko: kegemukan, keturunan, etnis, dan usia.

Mitos: Penderita diabetes hanya dapat makan makanan khusus untuk diabetes.

Fakta: Pola makan sehat untuk pasien diabetes sama saja dengan siapapun, hanya pasien harus memerhatikan kandungan nutrisi makanan, seperti rendah lemak jenuh, garam, dan gula yang tidak berlebihan, daging tanpa lemak, sayur-sayuran, gandum, dan buah-buahan.

Mitos: Diabetes dapat ditularkan.

Fakta: Diabetes bukan penyakit menular, tapi penyakit genetic dan gaya hidup, terutama bagi diabetes tipe 2.

Mitos: Diabetes hanya dapat diderita oleh orang yang sudah berumur.

Fakta: Penderita diabetes dapat berusia berapapun juga.

Republika 26 Agustus 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post