Peran Ayah Terhadap Perkembangan Emosi Anak

Manfaat anak dekat dengan ayah

Ada beragam manfaat positif yang dapat dipetik ketika anak dekat dengan ayahnya.

Pribadi yang baik

Kedekatan ayah dan anak dapat membangun kelekatan emosi di antara keduanya. Anak lelaki akan meniru peran ayah dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis dan cara mengasuh anak-anak mereka kelak. Pada anak perempuan, kedekatan dengan ayah menjadi referensi dalam mencari sosok pendamping di masa depan. Kedekatan ayah dan anak juga membuat anak tumbuh lebih mandiri, berani, tangkas, dan luwes.

Manfaat bagi tumbuh kembang anak

Kedekatan ayah juga berperan besar dalam aspek kognisis, ayah dapat melatih daya nalar, daya ingat, wawasan, daya tangkap, dan kemampuan memecahkan persoalan. Ayah berperan dalam melatih cara berteman yang baik dan beradaptasi. Ayah juga dapat melatih anak mematangkan emosinya.

Meningkatkan hubungan emosional

Anak yang dekat dengan ayahnya akan belajar untuk menghargai dirinya dan orang lain dari bentuk perhatian ayah kepada anaknya. Usahakan ayah selalu menciptakan waktu khusus untuk anak-anaknya.

Peran ayah penting untuk masa depan anak

Dengan memberikan yang terbaik bagi anak-anak, waktu yang cukup dan berkualitas, kelak anak pun akan memberikan hal yang sama bagi ayah di kemudian hari.

Republika 16 Oktober 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post