Mencegah Karies

Senyum Sehat Tanpa Karies

Kebiasaan hidup sehat perlu dibiasakan sejak kecil, dimulai dengan membiasakan anak menggosok gigi dengan benar.

Senyum adalah pesona setiap orang. Akan tetapi, pesona itu bisa berkurang bila terdapat karies pada gigi. Selain mengganggu penampilan, karies pun menjadi masalah kesehatan gigi.

Apa itu karies gigi? Karies adalah penyakit jaringan keras gigi yang bisa menyebabkan lubang dan kerusakan pada struktur gigi. Apabila tak ditangani dan dibiarkan berlarut, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, infeksi, gigi tanggal, bahkan kematian.

Perlu diketahui berbagai cara pencegahan yang bisa direkomendasikan seperti merawat kesehatan gigi dan rongga mulut.  Baik anak-anak maupun orang dewasa dianjurkan menyikat gigi minimal dua kali sehari sesudah sarapan dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.

Dalam kondisi normal, selalu ada bakteri yang berdiam di rongga mulut. Jika masih terdapat sisa-sisa makanan, bakteri streptococcus mutan itu akan mengubah semua makanan, terutama gula dan karbohidrat, menjadi asam. Karena itu, diutamakan menyikat gigi malam sebelum tidur karena pada malam hari kuman berkembang biak lebih cepat.

Bakteri, asam, sisa makanan, dan ludah dapat bergabung membentuk bahan lengket yang menempel pada gigi yang biasa disebut plak. Bahan tersebut menempel pada gigi dan paling banyak ditemukan di geraham belakang. Plak tersebut akan membentuk mineral yang disebut karang gigi jika tidak dibersihkan.

Republika 29 Oktober 2015

Related Posts
Previous
« Prev Post