Upaya Pencegahan Katarak

Upaya Pencegahan Katarak

Gunakan Kacamata Hitam

Jika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, usahakan menggunakan kacamata hitam dengan kemampuan menangkal sinar UV yang bagus. Kacamata itu untuk melindungi mata dari bahaya paparan sinar matahari berlebihan.

Ketahui Sejak Dini

Bayi diketahui juga berisiko tinggi terkena katarak, namun dapat dicegah dengan selalu memperhatikan perkembangan matanya. Apabila timbul bercak putih di mata bayi, diimbau segera berkonsultasi ke dokter spesialis mata. Jika balita yang sedang belajar berjalan diketahui kerap menabrak suatu benda, bisa jadi ada gangguan pada matanya.

Mengurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memiliki jumlah kadar gula dan sodium yang tinggi yang dapat mengganggu fungsi mata. Baiknya konsumsi makanan yang mengandung zat magnesium, seperti sayur dan buah untuk meningkatkan kesehatan otot mata.

Konsumsi Makanan Bervitamin A

Wortel dan bayam adalah sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin dan betakaroten pada keduanya dapat mencegah penyakit mata, seperti mata minus dan katarak.

Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Zat antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya. Selain itu, juga berfungsi sebagai antiradang sehingga dapat menjekankan gejala mata katarak lebih parah.

Operasi adalah Jalan Terbaik

Jika sudah semakin parah, tindakan operasi merupakan cara terbaik mengatasi katarak. Usai operasi, pasien dapat melihat dan hidup dengan normal kembali. Karena katarak bersifat sekali seumur hidup, jadi apabila sudah melakukan operasi dapat dipastikan katarak tidak akan muncul kembali.

Republika 21 Oktober 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post