Kanker yang Sering Diidap Wanita

Kanker Pengusik Perempuan

WHO mencatat kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada perempuan. Jumlah kasus barunya di seluruh dunia diperkirakan sebesar 1,7 juta. Angka ini setara dengan seperempat jumlah kasus baru kanker secara umum pada 2012.

Di Indonesia, gambarannya seragam. Kanker payudara juga termasuk jenis kanker yang paling banyak mengusik perempuan. Posisi berikutnya ditempati kanker leher rahim. Tiap hari di Indonesia ada 40 perempuan yang terdiagnosis kanker serviks dan 20 perempuan lainnya meninggal akibat kanker leher rahim tersebut. Mengingat besarnya pengaruh kanker bagi kehidupan, setiap perempuan harus melakukan upaya deteksi dini dan pencegahan terhadap penyakit ini.

Dengan memeriksakan diri dan menerapkan pola hidup sehat, perempuan dapat menghindarkan anaknya kehilangan ibu dan suaminya kehilangan istri. Defeksi dini kanker serviks telah tersedia di puskesmas dengan pemeriksaan inspeksi visual menggunakan asam asetat test. Sementara itu, deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri, menjalani USG payudara aau mamografi.

Republika 28 April 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post