Peran Ayah Dalam Keluarga

Pentingnya Pelukan Ayah

Perlu ada koreksi terhadap pembagian peran ibu dan ayah dalam mendidik anak. Ayah dan ibu perlu memberikan porsi yang sama besar dalam mendidik anak, baik dengan menyisihkan waktu bersama atau melalui perhatian dan komunikasi.

Sayannya, masih ditemukan adanya ayah yang cenderung memilih menjaga jarak dan wibawa dengan anak. Diketahui bahwa,  jarang dari siswa yang masih mendapat pelukan ayah. Sebaliknya, banyak siswa yang mengaku masih cukup sering merasakan pelukan dari ibu.

Padahal, pelukan ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang yang bertolak belakang dengan kekerasan. Jika ibu dapat dengan mudah mengekspresikan kasih sayang melalui pelukan, ayah sepatutnya juga dapat melakukan hal yang sama.

Sebaliknya, kekerasan fisik dan verbal yang terjadi dalam lingkup keluarga yang dilakukan orangtua, baik ibu ataupun ayah, dapat membawa pengaruh cukup besar bagi tumbuh kembang anak. Satu kali saja kekerasan fisik dan verbal terjadi pada anak, akan ada sesuatu yang membekas pada anak dan terbawa hingga ia tumbuh dewasa.

Sudah seharusnya setiap orangtua, termasuk ayah, tidak menerapkan kekerasan dalam mendidik anak, apapun alasannya. Cara terbaik untuk mendidik anak dan menjauhi anak dari nilai kekerasan adalah dengan menanamkan nilai dan melatih kedisiplinan anak sejak kecil.

Jangan menerapkan pendidikan kepada anak-anak dengan semaunya dengan alasan kita adalah orangtua mereka.

Republika 28 Februari 2016



Related Posts
Previous
« Prev Post