Antioksidan Mata

Antioksidan Alami Mata

Seiring dengan meningkatnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap kesehatan, khususnya kesehatan mata, menyebabkan pesatnya pertumbuhan pasar terhadap produk-produk kesehatan mata. Sebagian besar produk untuk kesehatan mata yang dipasarkan sekarang berbentuk suplemen.

Selain senyawa antioksidan (vitamin A, C, dan E) yang sebelumnya telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata, senyawa lain seperti lutein dan zeaxanthin baru-baru ini diketahui sebagai senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Zat lutein merupakan suatu kelompok senyawa karotenoid yang berwarna kuning dan banyak terdapat pada sayuran bewarna hijau. Lutein terdapat di macula dan dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).

Macula berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Macula merupakan daerah kecil yang mengandung jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan yang tajam untuk membaca atau melihat objek dengan jelas.

Senyawa karotenoid lain yang terdapat di dalam macula inilah yang kemudian dikenal dengan zat zeaxanthin. Zat ini diketahui juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjadinya katarak.

Lutein dan zeaxanthin ini banyak ditemukan pada sayuran berwarna kuning-jingga, seperti wortel, sayuran bewarna hijau seperti brokoli, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning-jingga, seperti tomat, semangka, dan mangga.

Jadi, dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur, dapat memenuhi kebutuhan lutein dan zeaxanthin pada mata setiap harinya. Selain itu, efek lain mengonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah dapat meningkatkan asupan berat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Republika 27 Oktober 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post