Manfaat Air Tajin

Air Tajin Kaya Manfaat

Air tajin ternyata bisa dinikmati sebagai produk kuliner bahkan perawatan tubuh.

Banyak orang bicara, air dari rebusan beras menyimpan banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, tak banyak penjelasan air yang dimaksud. Air tajin yang dimaksud khususnya dari beras yang belum melalui proses sosoh atau dibersihkan hingga kulit arinya.

Kandungan yang ada dalam air tajin di antaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bayi.

Kandungan air tajin lebih mudah didapatkan saat memasak beras merah. Hal ini karena di zaman kini, beras putih yang ada dipasaran cenderung sudah melalui proses sosoh. Sementara, beras merah bisa dikatakan masih utuh, sehingga kulit arinya masih utuh.

Banyak kandungan fungsional yang masuk ke dalam air tajin berasal dari lapisan terluar kulit beras. Jadi, jika sudah disosoh, manfaatnya banyak hilang dan tertinggal hanya karbohidrat. Dalam air tajin yang berasal dari beras merah terdapat 10 jenis enzim. Belum lagi kandungan antioksidan, vitamin B dan E yang jauh lebih banyak dibandingkan air tajin beras putih.

Selain baik bagi bayi dan anak-anak, air tajin juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Formula dalam air tajin bisa mengobati diabetes serta tekanan darah tinggi. Belum lagi, air ini bisa membantu memproduksi antibody, yang menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Selain beras merah, beras hitam sangat baik untuk diambil air tajinnya. Kandungan dalam tajin dari beras hitam hampir sama banyak dengan beras merah, tapi kelebihannya di sini terkandung zat yang mampu mencegah alergi kulit serta hipertensi.

Mengonsumsi rutin.

Manfaat yang ada dalam air tajin khususnya berasal dari rebusa beras merah, hitam, maupun beras putih yang belum disosoh, serta bekatul.

Pertama, adalah kulit. Air tajin bisa merangsang regenerasi sel kulit, sehingga sangat baik bila digunakan sebagai masker wajah. Selain itu, terdapat kandungan dalam beras yang mampu menangkal sinar ultraviolet.

Karena itu air tajin cocok digunakan untuk menjadi sunblock. Anda hanya perlu memoleskan air tajin ke wajiah setidaknya 15 menit sebelum bepergian ke luar rumah.

Air tajin juga dapat mencerahkan warna bibir yang kusam akibat berbagai faktor. Caranya, hanya perlu memoleskan pada seluruh bagian satu hingga dua kali dalam sehari.

Kedua adalah untuk menurunkan berat badan. Air tajin terbukti dapat memberi rasa kenyang, namun dengan jumlah karbohidrat yang lebih sedikit. Karena itu, orang-orang yang tengah menjalani program diet, bisa mengonsumsi air tajin sebagai pengganti asupa karbohidrat.

Semua manfaat air tajin, hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Termasuk ibu hamil yang rutin mengonsumsi air tajin dapat membuat anak dalam kandungannya terhindar dari autism karena dalam air ini terkandung zat penetral dari segala macam zat berbahaya.

Terlepas dari banyaknya manfaat dalam air tajin, bukan berarti kemudian air ini bisa menggantikan fungsi asi dan susu formula pada umumnya. Air ini hanya bersifat pelengkap untuk kebutuhan tubuh bagi bayi dan anak-anak. Sebab, kandungan gizinya tetap jauh di bawah asi dan susu formula.

Pencucian beras.

Mengingat masyarakat tanah air yang lebih memilih beras putih untuk dikonsumsi, disarankan agar teliti sebelum memasak nasi. Di zaman kini, selain beras yang sudah lebih banyak melalui proses sosoh, tak sedikit juga yang mengandung pemutih.

Hal ini tentu sangat berbahaya, terlebih bila Anda juga ingin mengonsumsi air tajin dari beras putih. Sebaiknya, sebelum dimasak, rasakan aroma beras.

Bila terasa berbeda, Anda bisa melakukan pencucian beras sebanyak 2 hingga 3 kali. Setelah itu, beras dapat dimasak karena kemungkinan besar zat-zat pemutih yang berbahaya telah terbuang.

Tetapi, karena sudah melalui proses pencucian yang banyak, zat fungsional dalam beras secara otomatis hilang. Biasanya yang tersisa hanya karbohidrat. Jadi, tetap disarankan untuk memasak beras merah atau hiatam jika ingin mendapat air tajin yang baik.

Kini air tajin dapat dimanfaatkan sebagai minuman yang nikmat. Hal itu karena Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan makanan lain sehingga menghasilkan rasa yang menyenangkan dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan.

Di antaranya dengan penambahan lemon dan madu. Khasiat dari kedua bahan ini sudah tak diragukan, khususnya untuk kesehatan tubuh dan kulit. Terlebih, jika dicampur air tajin, minuman ini dapat berfungsi sebagai obat pencernaan serta membantu peremajaan kulit.

Tentu air tajin ini sendiri banyak bisa divariasikan dengan bahan makanan lain yang semakin menambah khasiatnya. Tentu, semakin banyak yang mengetahui manfaat air tajin, maka lebih banyak kreasi agar air ini terasa lebih nikmat.

Republika 17 Januari 2015



Related Posts
Previous
« Prev Post